Sekilas Info

Bupati Usman Sidik Berhentikan Sementara Kades Sambiki dan Kades Baru

www.lensapost.id Sidak di Kecamatan Obi Bupati Halsel Usman Sidik saat periksa dokumen APBDS dan LPJ Desa Sambiki ( Foto : Mahmud/lensa)

LABUHA - Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Usman Sidik resmi memberhentikan sementara dua Kepala Desa (Kades) yakni Kepala Desa Baru dan Kepala Desa Sambiki Hairudin Wahid dan Munir Halek dari jabatan.

Keduanya, diberhentikan sementara, karena terdapat sejumlah masalah yang tak bisa dipertanggung jawabkan dihadapan Bupati Halsel Usman Sidik, pada saat lakukan inspeksi mendadak di Kecamatan Obi pada Senin (21/6/21) kemarin.

Pemberhentian sementara itu dilakukan karena ada sejumlah laporan dari masyarakat Desa Sambiki dan Desa Baru kepada Bupati saat Sidak

Kades Sambiki dilaporkan terkait, Pungutan Liar (Pungli) melalui program Prona, penjualan lahan Desa tanpa sepengatahuan warga dan membagikan BLT, BST serta Bantuan Sosial lainnya hanya kepada keluarganya.

Sementara, Kepala Desa Baru Munir Halek juga dilaporkan warganya, mulai dari ketidak transparasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Baru dan dugaan korupsi DD senilai ratusan juta rupiah, serta sejumlah item pekerjaan fiktif tertuang dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).

Sidak di Kecamatan Obi Bupati Halsel Usman Sidik saat periksa Kepala Desa Baru Munir Sadek ( Foto : Mahmud/lensa)

Bupati Halsel Usman Sidik kepada lensapost.id Senin (21/6/21) pukul 16:30 menuturkan, pemberhentian ini bersifat sementara agar dilakukan audit investigasi terhadap DD dan ADD untuk memastikan apakah benar kedua Kades tersebut bersalah atau tidak.

"Saya berhentikan sementara untuk dilakukan audit investigas terhadap Dana Desa dari 2029-2020 bila terbukti saya akan copot dari jabatan Kades, namun bila tidak terbukti saya kembalikan," jelas Bupati Usman Sidik.

Bupati juga menegaskan, bila Kepala Desa terbukti saat dilakukan audit investigasi, Dana Desa 2019-2020, maka selaku Kepala Daerah dirinya tidak segan-segan memerintahkan kepada penegak hukum untuk di tangkap dan dicebloskan ke Penjara.

" Sekali lagi saya sampaikan bahwa saya bakal tindak tegas Kades yang terbukti melakukan tindak Pidana korupsi, Pungli," tegas Bupati.

Penulis: M. Tanggule
Editor: Redaksi
Photographer: Mahmud
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga