Sekilas Info

DPRD Minta Polisi Hentikan Aktivitas Galian C Ilegal Milik PT. Moderen Raya dan PT. IBS

DPRD Minta Polisi Hentikan Aktivitas Galian C Ilegal Milik PT. Moderen Raya dan PT. IBS
www.lensapost.id Sagaf Hi, Taha, wakil Ketua Komisi I./Istimewa

LABUHA - Wakil Ketua Komisi I DPRD Halsel, Sagaf Hi Taha, meminta pihak Kepolisian Sektor Gane Barat segera hentikan aktivitas Galian C ilegal, PT. Moderen Raya dan PT. Ikhlas Bangun Sarana di Sungai Waya Bunga tepatnya di belakang Desa Koititi Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara.

" Setiap aktivitas penambangan berskala besar, baik itu perseorangan maupun korporasi yang dilakukan untuk kepentingan bisnis maka wajib memiliki Surat Izin Pertambangan Batuan (SIPB)," kata Sagaf Hi Taha kepada lensapost.id Sabtu (24/4/2021) via WhatsAp.

Jika tidak mengantongi izin, maka aktivitas pertambangan Galiam C itu harus ditertibkan untuk keptingan negara dan daerah ini. Baik dari aspek lingkungan, eknomi, sosial maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD).

" Sebagaimana yang diatur dalam UU minerba no. 3 tahun 2020, jika tdk mengantongi SIPB mka itu trmasuk dalam praktik penambngan ilegal, dan stiap kgiatan yang tidak berijin dipastikan melanggar hukum," tutur Sagaf.

Sagaf yang juga Wakil Ketua Komisi I itu juga menegaskan. Penegak hukum harus memberika kepastian hukum pada publik bahwa para pelaku korporasi yang bercokol dan mengeruk kekayaan negara tampa izin demi kepentingan pribadi juga dapat di proses hukum.

" Untuk itu kami berharap kepada pihak terkait baik camat maupun polsek untuk bisa memastikan, apakah aktivitas penambngan galian C atau pertmbngan batuan yang ada di Gane Barat itu memiliki izin atau tidak," pintanya

Selain itu kata Sagaf, bahwa terkait Izin UKL dan UPL yang di kantongi PT. Ikhlas Bangun Sarana, hanya sebagai syarat tekhnis dalam pengajuan izin pertambangan Galian C, untuk itu dirinya bersama Komisi III berencana melakukan peninjauan ke lokasi pertambangan.

" Ijin UKL dan UPL adalah diantara syarat teknis dari sekian syarat teknis lain yang harus dimliki untuk mendapatkan SIPB, insya Allah nanti kita degan kmisi 3 akan on the spot ksana," tuturnya. (**)

Penulis: M. Tanggule
Editor: Redaksi
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga