Sekilas Info

DPRD Halsel Bakal Bentuk Pansus Telusuri Izin PT. Amazing Tabara

DPRD Halsel Bakal Bentuk Pansus Telusuri Izin PT. Amazing Tabara
www.lensapost.id Anggota-komisi-III-DPRD-Halsel-Mochtar-Sumaila (Foto. Istimewa)

LABUHA - Dewan Perwakilan Rakyat(DPRD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bakal bentuk pansus untuk menelusuri investasi PT. Amazing Tabara di Pulau Obi yang tanpa mengantongi Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP)

Hal ini menyusul adanya Pemerintah Provinsi Maluku Utara telah mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi PT. Amazing Tabara untuk melakukan Produksi di Tiga Desa Wilayah Pulau Obi.

Wakil Ketua DPRD Halsel Muslim Hi. Rakib ketika dikonfirmasi Lensa Post via WhatshApp Kamis (4/2/2021) mengatakan, ijin yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi tak terlepas dari Pemda Halsel dengan begitu pihaknya akan berkonsultasi dengan Pemda Halsel.

Tanpa WIUP, Pemprov Malut Keluarkan IUP, PT. Amazing Tabara

Masyarakat Obi Halsel Menolak PT. Amazing Tabara dan Meminta Gubernur Profinsi Malut Cabut IUP

"Kami DPRD Halsel akan bentuk Pansus untuk infestigasi terhadap investasi perusahan tambang yang beroperasi di wilayah Halmahera selatan termasuk PT. Amazing Tabara,"cetus Muslim.

Sementara itu Anggota DPRD Komisi III dari Fraksi PAN Dapil Pulau Obi Mochtar Sumaila mengataka Pihaknya masi merasa ganjil atas IUP PT. Amazing Tabara yang telah di keluarkan Pemprov Malut yang rencananya beroperasi di Tiga Desa Sambiki, Anggai dan Desa Air Mangga Kecamatan Obi.

"Kita suda korescek WIUP sebagai batas wilayah area pertambangan itu belum ada, kok kenapa.? Pemerintah Provinsi suda keluarkan ijin Produksi atau IUP inikan aneh,"tandas Mochtar.

Menurutnya, sebelum izin produksi PT. Amazing Tabara di keluarkan, terlebih dahulu PT. Amazing Tabara harus mengantongi ijin batas wilayah sebagai area pertambangan, karena itu prosudurnya," jelas Mochtar.

Meski begitu kata Mohtar, proses ijin pertambangan pihaknya tak punya kewenangan, karena itu kewengan Pemerintah Pusat. Tapi sebagai Anggota DPRD Halsel Dapil Obi dirinya tetap mendampingi tuntutan masyarakat ataspenolakan hadirnya PT. Amazing Tabara.

"Dalam waktu dekat kami akan bentuk tim Pansus untuk melakukan penulusuran lebih lanjut terkait proses perijinan PT. Amazing Tabara,"tegasnya.

Penulis: Ilham
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa
Sumber: Lensa Post

Baca Juga