Sekilas Info

Tim Hukum Hello Dinilai Gagal Paham

lensapost.id
Lensa Post Tim Hukum Paslon nomor Urut 1 Helmi Umar Mucksin dan La Ode Arfan saat memasukan sengketa Administrasi Paslon nomor dua Usman-Basam (Foto.M.Rafa Azka Putra/lensa)

LABUHA - Tim Hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan nomor urut satu Helmi Umar Mucksin dan La Ode Arfan dinilai gagal faham. Karena laporan sengketa administrasi terkait putusan KPU Halsel Nomor 309/PL.02.3-Kpt/8204/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halsel 2020 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Selatan, pada jumat (25/9). Tidak ada dasar hukum.

"Objek yang di sengketakan tim hukum Helmi-La Ode, tidak memiliki dasar hukum karena sampai saat ini dugaan ijazah palsu tidak terbukti secara sah,"ungkap La Zamra H. Zakaria SH selaku tim hukum Usman-Bassam dalam siaran persnya.

Menurutnya, tuduhan yang di alamatkan kepada calon Bupati H. Usman Sidik memakai ijazah palsu tidak memiliki Bukti dan bahkan sudah selesai diverifikasi factual oleh KPU Halsel. Ini tentunya membuktikan bahwa H. Usman Sidik resmi terdaftar sebagai peserta calon Bupati dengan memenuhi semua administrasi persyaratan calon, itu berarti apa yang di tuduhkan selama ini terhadap calon Bupati kami adalah fitnah yang keji atau kampanye hitam.

Sementara itu Yusman Arifin, SH menegaskan, laporan tim hukum Helmi-La Ode telah nyata mencederai nilai-nilai demokrasi pada pilkada Halmahera Selatan, karena objek sengketa yang di laporkan sudah pernah diperiksa dan di putuskan Bawaslu Halsel pada putusan sebelumnya di nyatakan tidak cukup bukti dan tidak memenuhi unsur pidana pemilu maupun pelanggaran administrasi pemilu,"tegas Yusman.

"Tidak ada alasan bagi bawaslu halsel untuk mengabulkan laporan itu. Untuk itu kami berharap bawaslu harus menolak laporan sengketa yang di layangkan tim hukum paslon nomor urut dua Helmi-La Ode,"cetus Yusman.

Lanjut Yusman, Bagi kami take line humanis paslon Helmi-La Ode hanya sebagai slogan dan tidak mencerminkan semangat demokrasi yang sehat dan humanis yang sebenarnya.

"Kami tim hukum Usman-Bassam menghimbau pada seluruh warga masyarakat Halmahera Selatan untuk tidak termakan dengan issu-issu yang terkesan berbau fitnah dan kami mengajak untuk kita semua untuk mendukung pilkada yang damai dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral demi terciptanya demokrasi yang sehat untuk Halmahera Selatan yang kita cintai,"harapnya.

Penulis: M.Tanggule
Editor: Redaksi
Photographer: M.Rafa Azka Putra
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga