Sekilas Info

Helmi Umar Muksin Belum Penuhi Satu Berkas Syarat Calon Bupati

lensapost.id
Lensa Post Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan Periode 2020-2025 Helmi Umar Mucksin dan La Ode Arfan (Istimewa)

LABUHA - Meskipun sudah mendaftar dan di tetapkan sebagai Calon Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Periode 2020-2025 Helmi Umar Mucksin belum memenuhi satu berkas persyaratan, yakni surat pengunduran diri dari anggota DPRD Maluku Utara.

Bila surat pengunduran diri tidak dipenuhi batas waktu yang diberikan kepada KPUD Halsel selama 30 hari sebelum hari H maka, Helmi Umar Mucksin di nyatakan tidak memenuhi syarat calon sebagai kepala Daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Darrah (KPUD) Halsel Darmin Hasyim mengatakan, terkait rapat pleno penetapan pasangan Cabup dan Cawabup, dua paket sebelumnya telah mendaftar yakni Usman-Bassam dan Helmi-La Ode dinyatakan telah memenuhi syarat dan sah menjadi pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember nanti. Hanya saja salah satu calon Bupati yakni Helmi Umar Muksin dari Nasdem masih menunggu penerbitan SK pemberhentian sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku Utara,"ungkap Darmin kepada lensapost.id via WhastAp Kamis (24/9).

Namun kata Darmin, secara regulasi, hal itu masih di mungkinkan di berikan waktu penyetoran H-30 hari sebelum pemungutan suara atau 9 November mendatang.

"Intinya seluruh calon sudah memenuhi syarat, hanya menunggu SK pemberhentian salah satu calon sebagai Anggota DPRD Malut. SK yang bersangkutan memang belum terbit, tapi secara regulasi diberikan waktu hingga 9 November paling lambat sudah harus kami terima,"cetusnya.

Menurutnya, Batas waktu penyampaian Surat Keputusan Pengunduran Diri oleh pejabat yang berwenang di sampaikan ke KPU paling lambat 30 hari sebelum hari H.

"Waktu 30 hari yang di berikan atau selambat-lambatnya pada 9 November lalu KPU belum menerima surat pengunduran diri maka Helmi Umar Mucksindinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Kepala Daerah."tegas Darmin.

Penulis: M.Tanggule
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga