Sekilas Info

Satu Rumah Warga di Desa Orimakurunga Rusak dihantam Tanah Longsor

Lensapost.id
Lensa Post Rumah Milik Guntur H Suaib saat di Hantam Tanah Longsor di Desa Orimakurunga Kayoa Selatan. Foto M. Rafa/Lensa Post

LABUHA – Satu Rumah milik Bapak Guntur H Suaib di RT 01 Desa Orimakurunga  dihantam tanah longsor hingga bagian samping bangunan Rumah rusak parah, hal ini disebabkan terjadi Hujan lebat mengguyuri wilayah Kecamatan Kayoa Selatan Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara sejak selasa hingga rabu dini hari.

Longsor terjadi sekira pukul 10.15 WIT saat hujan lebat menghantam wilayah Desa Orimakurunga dan sekitarnya namun. Peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan ditaksirkan kerugian yang dialami puluhan juta rupiah.

Amatan lensapost.id pada rabu 10.30 WIT dilokasi kejadin terlihat jelas tanah longsor menghantam Rumah warga milik Bapak Guntur H Suaib sehingga mengalami rusak parah namun barang-barang berharga dapat diselamatkan atas bantuan warga setempat.

Rumah Wraga Desa Orimakurunga Milik Guntur H Suaib saat tertimpa Banjir dan Tanah Longsor. Foto/ M. Rafa/ Lensa Post

Ketika dikonfirmasi, Guntur H Suaib kepada lensapost.id mengatakan, saat terjadi longsor ia besama istri dan anak-anaknya belum sempat tidur, karena terjadi hujan lebat dan kekawatirannya jangan sampai terjadi longsong, kekhawatiran pun terjadi, sehingga ia bersama istri dan anak-anaknya dapat menyelamatkan diri dirumah tetangga.

“iya saya bersama keluarga memang belum sempat tidur sebab hujan sangat deras, saya khawatir jangan sampai terjadi longsor karena sebelumnya tanah sudah mulai longsor pada selasa kemarin dan malam ini tak lama kemudian longsor terjadi besar sehingga saya dan anak–anak bersama istri menyelamatkan diri di rumah sebela dan saya meminta bantuan dari warga untuk menyelamatkan barang-barang kami,” cerita Guntur.

Gunur merasa Khawatir akan terjadi longsor susulan karena rumahnya memang sangat dekat dengan tebing sehingga harus ada bantuan dari Pemerintah sebab tanah disektar Rumahnya, bakal kembali terjadi longsor karena jalur air mengalir dari gunung memang tepat pada samping Rumah saat terjadi hujan. Ia menuturkan, Bukan saja Rumah miliknya saja akan terancam namun beberapa Rumah dari sisi utara dan bagian selatan  juga terancam tanah longsor.

Lensapost.id
Warga saat menyelamatkan barang-barang korban Tanah Longsor . Foto/M. Rafa/Lensa Post

“Saya berharap ada bantuan Pemerintah Daerah karena keberadaan Rumah saya dan beberapa Rumah yang ada akan terancam Tanah longsong, sementara kerusakan yang saya alami ini saja saya tidak bias berbuat apa-apa  lagi dengan kondisi saat ini,”harap Guntur.

Sementara itu sala seorang warga, Wahid Pemilik Rumah yang berdampingan dengan Rumah Guntur H Suaib juga berharap ada Perhatian dari Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Alama Daerah BPBD) agar bias turun di Desa Orimakurungan untuk melihat langsung korban bencana alam yang dialami Bapak Guntur H Suaib dan juga warga sekitar bencana longsor tersebut.

“Harapan saya agar Pemerintah Darah Halsel turun di Desa Orimakurungan untuk melihat secara langsung korban longsor karena kejadian ini merupakan bencana alam, sebab kami takutkan jangan sampai kembali terjadi longsor dan akan beberapa rumah yang berdampingan ini sangat terancam,” harap Wahid. Red)

Penulis: Mahmud
Editor: Redaksi
Photographer: M. Rafa
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga