Tertunda Akibat Covid-19, MTQ Ke XXVII Halbar Siap Digelar Dengan Tetap Ikuti Protokoler Kesehatan

JAILOLO - Setelah tertunda akibat penanganan bencana Virus Corona, Lembang Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Halmahera Barat bersama panitia MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur'an) memutuskan menggelar lomba MTQ tingkat Kabupaten pada tanggal 24 sampai 29 juni 2020 mendatang.

Keputusan tersebut diambil setelah dilakukan rapat yang dipimpin Ketua LPTQ Halbar, Syahril Abd Radjak, dihadiri Kepala Kantor Kemenag Halbar, Hasbullah Tahir, Pengurus LPTQ, Unsur Pemda, Polres, para Camat, para Kepala KUA serta panitia MTQ, di Sekretariat LPTQ Halbar, di Desa Hatebicara, rabu (17/6).

Sekretaris LPTQ Halbar, Muhdar Mustafa, usai menghadiri rapat tersebut mengatakan, seremoni pembukaan MTQ tingkat kabupten sudah disepakati dilaksanakan pada tanggal 24 juni 2020, di Villa Gaba, Guaemaadu, Kecamatan Jailolo.

Dalam rapat tersebut juga kata Muhdar, disepakti, lomba-lomba MTQ digelar di dua tempat, yakni di Villa Gaba dan Sekretariat LPTQ.

Semula lokasi pembukaan dan lomba MTQ ke-27 Ini di pusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Talaga, Kecamatan Ibu Selatan, namun, karena sudah musim pandemi, sehingga jadwal dan lokasi pembukaan lomba baca tulis Qur'an ini yang semula direncanakan pada bulan maret, tertunda dan dialihkan ke Kecamatan Jailolo pada bulan juni ini.

Oleh karena itu, saat pelaksanaannya, baik seremoni pembukaan maupun jalannya lomba, kata Kasubag TU, Kantor Kemenag Halbar ini, seluruh pihak yang terkait diminta mentaati pedoman protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Untuk menghindari kerumunan, sebagai wujud menjalankan protokol kesehatan, panitia MTQ akan membatasi jumlah undangan dalam pembukaan nanti.

Bahkan pawai ta'ruf (pawai perkenalan) kafilah atau peserta MtQ yang menjadi agenda rutin di setiap momen dua tahun ini, pun ditiadakan.

"Kami dari LPTQ dan Panitia MTQ menyampaikan permohonan maaf, kepada para Camat dan Kepala Desa beserta masyarakat di Kecamatan Ibu Selatan, yang sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan MTQ ini, namun belum bisa dilaksanakan di Kecamatan Ibu selatan akibat wabah ini, sekali lagi kami mohon maaf, kepada seluruh warga masyarakat Halbar atas tertundanya agenda ini,"ucap mantan Kasi Bimas Islam, Kantor Kemenag Halbar ini mengakhiri.

Penulis: TM
Editor: Sahlan K

Baca Juga