Pendamping Desa dan TA P3MD Hadir Sebagai Solusi Penyaluran BLT di Empat Desa Kayoa Selatan

Lensa Post
Lensa Post Pendamping Desa dan Pendamping Kabupaten Halmahera Selatan saat memediasi persoalan penolakan Musdes Khusus validasi, finalisasi data calon penerima BLT di Kantor Desa Orimakurunga Kecamatan Kayoa Selatan (Foto : Mud/lensa)

LABUHA - Pendaping Desa dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara Hadir di empat Desa yakni Desa Orimakurunga, Pasir Putih, Ngute-ngute dan Laluin sebagai solusi penyelesaian penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) 2020.
Ke hadiran Pendamping Desa dan P3MD Halsel di empat Desa Kayoa Selatan ini. Dalam rangka penyelesaian konflik Musdes Khusus validasi, finalisai data calon penerima BLT Desa Orimakurunga dan mendampingi Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Putih, Ngute-ngute dan Laluin dalam penyaluran atau pembagian BLT kepada masyarakat yang berhak menerima.

Tenaga ahli pembangunan parsitipatif P3MD Halsel Edy Udin menjelaskan, kedatangan kami di Desa Orimakurunga diundang langsung Pemdes untuk memenuhi tuntutan massa aksi, karena Musdes Khusus BLT sempat terjadi konflik sehingga kehadiran kami atas memenuhi undangan itu untuk penyelesaian Musdes Khusus BLT.

"Alhamdulillah saat kehadiran kami respon masyarakat dan Mahasiswa cukup baik, Musdes Khsus BLT akhirnya terselesaikan meski ada sedikit gesekan namun itu hanya hegomoni gerakan yang dibangun Mahasiswa dan sebagaian Masyarakat,"ujar Edi kepada Lensa Post usai Musdes Khusus validasi, finalisasi data calon penerima BLT di Kantor Desa Orimakaurung Senin (8/5/2020).

Menurutnya, TA P3MD Halsel dan Pendamping Desa yang hadir saat Musdes Khusus BLT di Desa Orimakurunga bukan menetapkan nama-nama calon penerima BLT. Namun kehadiran kami hanya menjembatani Pemdas dan Mahasiswa serta masyarakat untuk penyelesaian persoalan larutnya Musdes Khusus BLT tersebut.

Sementara Pendamping Kecamatan Kayoa Selatan Masni Sangadji saat di konfirmasi via Hand Phone terkait penyaluran BLT di Desa Pasir Putih, Ngute-ngute dan Laluin mengatakan, kehadiran kami pada penyaluran BLT di tiga Desa Kayoa Selatan ini untuk mendampingi serta saksikan pembagian BLT kepada masyarakat yang berhak menerima, karena sering terjadi masalah maka kami diminta oleh Pemdes ke tiga Desa dan BPD-nya hadir saat pembagian.

"Penyaluran BLT pada tiga Desa di Kayoa Selatan sesuai regulasi dengan pencairan 25% dari Dana Desa (DD) dan kreterian penerima, saat pembagian ketiga Desa tersebut berjalan lancar dan aman,"jelas Masni Sagadji.

Harapan kami dengan adanya bantua BLT ini masyarakat yag berhak menerima di tiga Desa ini menggunakan dengan baik dan dapat membatu meringankan beban mereka dalam kehidupan sehari-hari,"harap Masni. (Mt/Red)

Penulis: M.Tanggule
Editor: Redaksi
Photographer: M.Tanggule
Sumber: Lensa Post

Baca Juga