Sekilas Info

APR Demo Pemdes Sidangoli Dehe

Masa aksi saat menyampaikan orasinya didepan kantor desa sidangoli dehe

JAILOLO - Puluhan pemuda dan warga yang tergabung dalam Aliansi Peduli Rakyat (APR) Sidangoli melakukan unjuk rasa kepada pemerintah Desa Sidangoli Dehe, Kecamatan Jailolo selatan, Kabupaten Halmahera Barat(Halbar).

Aksi yang dilakukan Rabu (03/6/2020) di depan kantor desa sidangoli dehe ini, atas ketidak puasan warga terhadap kerja Pemdes karena dianggap tertutup dan tidak efektif.

Kodinator lapangan Aksi Ilyas Dani menyampaika  bahwa aksi ini dilakukan karena keresahan warga atas kerja pemdes atau kepala desa Andre Hi Gani yang tidak efektif.  Dalam hal ini keterbukaan terkait Data Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

"Karena sampai saat ini , transparansi terkait data BLT-DD itu tidak dilakukan oleh pemerintah desa ke warga, sehingga sampai saat ini BLT nya belum terealisasi," jelasnya.

Ilyas Bilang, sesuai pengakuan kades Dehe Andre Hi. Gani, Ia menyampaikan bahwa ini penyebab dari keterlambatan data. Pengakuan Kades ini disampaikan dalam hasil hering setelah Aksi oleh APR sidangoli tadi.

"Kades bilang data yang terlambat masuk, sehingga menjadi kendala dalam hal administrasi, Kami (APR) menilai, berarti selama ini pemdes di desa Dehe  tidak bekerja dalam menjalankan tugas mereka ditengah wabah covid-19," cetusnya.

Ilyas Melanjutakan bahwa, Adapun dua Posko Covid-19 di desa dehe sampai sat ini tidak diaktifkan oleh pemdes, padahal ditengah wabah covid-19 semua desa harus bentuk tim covid-19 dan dianggarkan melalui DD.

"Sampai sat ini ada 2 posko Covid-19 desa yang di bangun oleh Pemdes, namun tidak difungsikan. Ini menunjukan kelemahan Pemdes Dehe yang tidak serius dalam perangi melawan Covid-19," pungkasnya.

Selain itu Lanjut Ilyas, Dalam musyawarah desa (Musdes) pembahasan item kegiatan tahun 2020, masyarakat tidak mengusulkan lampu jalan, Namun Pemdes bersama BPD sengaja memcantumkan item tersebut secara diam-diam.

"Katanya anggaran tahap I belum cair namun lampu jalan yang tidak usulkan oleh warga sudah terpasang, Lampu Saja bisa hutang masa kegiatana pencegahan Covid-19 untuk melindungi masyarakat tidak dilaksanakan"sesalnya

Terpisah  Kades Sidangoli  Dehe Andre Hi Gani, Saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk anggaran BLT-DD sementara masih dalam tahap proses kepencairan.

“untuk dua posko relawan Covid-19 yang sudah dibangun, sementara juga masih menunggu anggaran operasiona, berbeda  dengan desa lainnya karna sudah mencairkan DD Tahap I, sehingga untuk desa sidangoli dehe baru melakukan penyemprotan desinfektan dan pembagian masker ke warga”singkatnya.

Penulis: Alan
Editor: Sahlan K

Baca Juga