Sekilas Info

Tuntut Hak Pemdes, APDESI Halbar Gelar Aksi

Masa aksi didepan kantor Bupati Halmahera Barat

JAILOLO – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) gelar aksi didepan kantor bupati Halbar, Selasa (2/6). Aksi tersebut menuntut Hak kepala desa,  perangkat desa dan BPD yang belum terbayar hingga bulan juni  serta Operasional triwulan IV tahun 2019 dan operasional triwulan I,II tahun 2020.

Rustam Fabanyo selaku Ketua Apdesi Halbar dalam orasinya menyampikan bahwa pemrintah daerah harus bertanggung jawab terkait persoalan ini, Apdesi sudah lama melakukan komunikasi secara persuasif maupun dengan cara komunikasi lainnya.

“Kami didzolami, kelalaian ini adalah gegalnya bupati dan wakil bupati, padahal kami sudah berulang kali konsultasi secara persuasif, tapi itu hanya diberikan berupa janji maka, Kami meminta bupati dan wakil bupati agar bertanggung jawab dengan persoalan ini dan seluruh kades - kades pada hari ini tidak ada lagi diskusi tapi kepastian pembayaran hak, dan besok sudah harus pemda realisasikan ke rekening desa,” tegasnya.

Rustam bilang, selama ini Pemdes sekabupaten Halbar bekerja menahan lapar, walaupun Pemdes terus dicaci maki oleh warga di desa, padahal ini adalah kegagalan Pemda Halbar dalam pelayanan.

“Kami Pemdes dibully oleh masyarakat kami, dalam hal keterlambatan pelayanan, padahal selama ini kami berjuang untuk menjawab keresahan warga, dan hari ini kami sudah tidak mampu dengan kebohongan, sehingga langkah ini kami lakukan,” jelasnya.

Kata Rustam, walaupun hari ini dinilai melanggar Maklumat Kapolri, kami lebih baik mati di atas perjuangan daripada menderita di atas janji -janji.

“Keterlamabatan ini sama halnya dengan pemda lah yang merusak dan membuat keterlambatan pelayanan warga desa maupun pembangunan di desa,” cetusnya.

Ketegasan Apdesi bahwa, jika besok pemda tidak merealisasikan tuntutan ini, maka Apdesi Halbar akan melaporkan pemda ke pihak Kepolisian.

diketahui, bahwa hak Pemdes yang belum terbayar jumlahnya bervariasi ada yang belum terbayar dua bulan hingga tiga bulan.

Setelah kurang lebih hampir dua jam masa aksi menyampaikan tuntutannya didepan kantor bupati, masa aksipun masuk keruang Aula dan hering bersama Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, Sekretaris Daerah Syahril Abd. Rajak, Kepala Badan Keuangan Daerah Muhammad Marassabesy, Kadis DPMPD Asnath Sowo serta Asisten I dan para Staf Ahli.

Wakil Bupati Halbar A.Zakir Mando dalam hering bersama masa aksi menegaskan kepada Kepala Badan Keuangan untuk segera melakukan pencairan atas tuntutan ini.

"mulai hari ini dan besok hak pemdes harus dicairkan"tegasnya

Penulis: Alan
Editor: S.Kader

Baca Juga