Sekilas Info

Dari Ternate, 15 Penumpang KM.Getsemani  Tanda Tangan Surat Pernyataan Isolasi Mandiri

Lensa Post
Lensa Post Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Gebe saat memeriksa 15 Penumpang KM. Getsemani yang memeiliki riwayat dari Ternate Foto : Andi/PKM Gebe)

GEBE – Tim Gugus Tugas Corona Virus atau Covid-19 Kecamatan Gebe Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Maluku Utara (Malut) berlakukan Surat Pernyataan Isolasi Mandiri atau Isolasi Diri Sendiri (IDS) Kepada  Penumpang yang baru datang ke Gebe dari Zona Merah.

Penumpang KM. Getsemani yang datang ke Gebe dengan rute Weda, Patani-Gebe sebabyak 30 orang. Dari 30 orang tersebut, 15 orang diantaranya memiliki riwayat perjalan dari Ternate sehingga harus menandatangani Surat Peryataan Mandiri.

Sementara 15 orang lain diantaranya dengan riwayat perjalan hanya dari Weda maupun Patani atau seputaran Halteng sehingga tidak membuat peryataan Isolasi Mandiri mengingat Halteng belum masuk kategori Zona Merah.

baca juga : Tim Gugus Tugas Covid-19 Gebe, Gelar Kampanye Edukasi Kesehatan Melawan Covid-19

BACA JUGA : Delapan Orang  Calon Karyawan PT. MT Non Reaktif Rapid Test

Poin-poin dalam isi Surat Peryataan Isolasi Mandiri antara lain,

Poin 1, Bersedia menjalani Isolasi Mandiri di rumah selama 14 hari terhitung dari tanggal kedatangan. Poin 2, Selama masa isolasi mandiri saya tidak akan keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Poin 3, Apabila selama masa isolasi saya merasakan gejala yang timbul maka saya mengimformasi ke puskesmas. Poin 4, Apabila saya tidak mentaati masa isolasi mandiri ini, maka saya siap dikarantina oleh Satgas Kecamatan Gebe dengan biaya diri sendiri.

Kordinator Tim Gerak Cepat (TGC) Kesehatan,  Satgas Covid-19 Sarman Karamuddin mengatakan,  maksud Surat Pernyataan itu, agar para IDS muda dikontrol. Tujuanya sebagai efek jerah, supaya dibelakang hari tidak ada masalah, karena sesuai pernyataan yang dibuat, bilamana melanggar,  petugas akan mengangkut pelanggar dan dikarantina oleh satgas.

"Setiap tiga hari, Tim Kesehatan kunjungi rumah para IDS untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Tentu semua ini sebagai langkah pencegahan,”terang Sarman. (PKM/Red)

Penulis: Andi
Editor: Redaksi
Photographer: Andi
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga