Cegah Covid-19, Pemdes Sabaleh Gelar Aksi Penyemprotan Disinfektan

Lensa Post
Lensa Post Pose Bersama Tim Gugu Tugas Covid-19 Desa Sabale Usai Melakukan Penyemprotan Disinfektan (Foto Istimewa)

TOBELO - Mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Desa Sabaleh Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara menggelar aksi sosial penyemprotan disinfektan pada Jumat 17 April 2020. Beberapa titik yang menjadi fokus penyemprotan tersebut yaitu rumah warga, pos ronda, hingga Masjid Hijratul Insan Desa Sabaleh.

Aksi sosial tersebut dikordinir langsung oleh Kepala Desa Sabaleh M Taher Mesir disertai pengurus Desa Muhamat Laher selaku Sekertaris Desa, Ali Taher (Ketua BPD) disertai Pemudah Desa Sabaleh. Adapun perlengkapan penyemprotan yang disediakam oleh Pemdes setempat yaitu berupa dari Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak lima pasang disertai alat penyemprotan dan Obat-Obatnya yang dicampur oleh petugas kesehat Kecamatan Malifut.

Kepala Desa Sabaleh M Taher Mesir kepada Media ini mengatakan, aksi ini dengan tujuan untuk mengantisipasi terhadap penyebaran virus corona (COVID19) yang saat tengah marak terjadi di Sejumlah Negara termasuk di Indonesia.

“Kita berharap melalui aksi sosial penyemprotan cairan disinfektan ini akan membuat warga lebih nyaman dalam beraktivitas. Ini juga kita maksudkan sebagai bentuk edukasi maupun pembelajaran bagi masyakat yang ada di Desa Sabaleh. Agar tahu arti pentingnya dalam menjaga kesehatan utamanya dalam menghadapi penyebaran virus corona yang sedang mewabah saat ini,”ungkap Taher.

Atas nama semua Tim Covid-19 yang di dalam Pemdes dan petugas kesehatan serta Pemuda Desa Sabaleh pada umumnya, mengucapkan terimakasih pada warga yang telah bersedia menerima keberadaan tim penyemprotan Covid-19, yang melakukan penyemprotan desinfektan dan tetap mengingatkan warga untuk tidak panik yang berlebihan akan isu merebaknya virus corona. Namun warga setempat juga tetap diajaknya untuk waspada dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat.

Lensa Post
Tim Gugus Tugas Covid -19 Desa Sabale saat melakukan penyemrotan disinfektan di ruma-rumah warga (Foto.Istimewa)

“Penyemprotan desinfektan ini sifatnya hannya stimulan saja. Warga kita ajak untuk menjaga imun tubuh melalui konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sesering mungkin mencuci tangan dengan sabuan cairan anti septik lainnya agar tidak mudah sakit,” imbuhnya.

Kades memegaskan dalam upaya mengantisipasi virus yang mematikan ini, masyarakat pada khususnya di Desa Sabaleh agar lebih waspada, warga yang bepergian atau datang dari daerah lain diimbau agar melapor diri atau melakukan isolasi mandiri,"jangan kita anggap remeh dengan wabah penyakit ini, kami berharap semoga virus corona ini cepat barahir,"harapnya.

Ketua BPD Ali Taher manmbahkan, sangat mengapresiasi kegiatan Pemdes dan pemuda Desa Sabaleh Ini merupakan bentuk langkah antisipasi pemuda terhadap bahayanya virus corona, yang belakangan ini sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Manemeng.
“Yang jelas saya pribadi, bangga dan sangat mengapresiasinya, yang begitu bersemangat dalam upaya pencegagahan Covid-19,” kata Ali

Lanjutnya, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Di Desa Sabaleh dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik itu Pemerintah Desa, BPD, pemuda dan semua unsur lainnya. Untuk bersama-sama dan bersatu melawan covid-19.“Ini adalah bencana non alam nasional. Maka, kami dari BPD dan pemerintah Desa, sangat serius dalam hal ini,"tutupnya. (red)

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa
Sumber: Lensa Post

Baca Juga