Seorang Pelajar Asal Morotai Ditemukan Tewas, Setelah Terjatuh di Laut

Lensa Post
Lensa Post Tim SAR gabungan saat evakuasi korban (Foto:Istimewa)

TOBELO – Alfian Lenglangasa (17) seorang pelajar, warga Desa Libano, Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara di temukan tewas di perairan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara setelah terjatu di laut.

Sebelum di temukan. Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate melalui Pos SAR Tobelo mendapat laporan dari petugas KP3 Tobelo bahwa satu orang terjatuh ke laut di pelabuhan penyeberangan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Kronoliginya, Alfian Lenglangasa (17) seorang pelajar, warga Desa Libano, Kabupaten Pulau Morotai, pada pukul 01.00 WIT, Rabu (8/4/2020). Dia keluar dari rumah pergi menuju pelabuhan Tobelo dengan rencana tujuan akhir di Pulau Morotai, sesampainya di pelabuhan tepatnya pukul 04.00 WIT, korban terjatuh dan tidak bisa berenang.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, selanjutnya Basarnas Ternate berkoordinasi dengan KUPP Tobelo, KP3 Tobelo, Pos Polair Tobelo, RSUD Tobelo dan keluarga korban terkait bantuan unsur dan pemapelan.

“Pukul 08.35 WIT, satu tim Rescue Pos SAR Tobelo di berangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan Truck personil dan membawa perlengkapan operasi untuk melakukan pencarian,” terangnya.

Arafah menyebut, kurang lebih 2 jam pencarian dilakukan oleh team SAR gabungan, dan pada pukul 10.20 WIT, tim Rescue Pos SAR Tobelo bersama unsur yang terlibat dan dibantu masyarakat setempat berhasil menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia.

“Korban di temukan 700 meter dari lokasi kejadian, selanjutnya korban di evakuasi menuju RSUD Tobelo,” ujarnya.

Dengan ditemukan korban. Lanjut Arafah, maka operasi SAR ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing.

“Unsur yang terlibat diantaranya, Basarnas 5 personel, KUPP Tobelo 4 personel, kp3 2 personel, Kodim 1508 2 Personel, TNI AL 1 personel, Polair 5 Personel, Polres 3 personel dan keluarga korban 5 orang,” ungkapnya.

Hingga berita ini di publish, belum diketahui penyebab sehingga korban terjatu dan meninggal dunia. (red)

Penulis: M.Tanggule
Editor: Mahmud Tanggule
Photographer: Humas Basarnas
Sumber: BADAN SAR NASIONAL

Baca Juga