Cegah Covid-19, Desa Ratem Gelar Ritual Dabus (Taji Besi)

Kades Ratem Saat Melakuakn Ritual Dabus ( Taji Besi)

Jailolo. Upaya mengantisipasi pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19), Desa Ratem Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar)  menggelar Ritual  Dabus atau sering dikenal taji besi dan doa  tolak bala yang di Pimpin langsung oleh Imam Ngofa Tidore/Imam Fola Ijo Kesultanan Tidore Ahmad Dano Taher,  agar masyarakat terhindar dari  Covd-19. Ritual adat Dabus tersebut dilakukan di Desa Ratem, Minggu malam,(5/4).

Imam Ngofa Tidore/Imam Fola Ijo Ahmad Dano Taher saat memimpin Ritual  Dabus

Kepala Desa Ratem Yunus Din, saat dikonfirmasi usai melakukan ritual dabus tersebut mengatakan bahwa selain pencegahan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Pemerintah, pihaknya juga melakukan pencegahan dengan melakukan  ritual  dabus dan doa Tolak balah.

“Melalui ritual ini kami  meminta kepada Allah Swt agar virus COVID-19 tidak menyebar di Desa ini,"ungkap Yunus

Yunus menambahkan bahwa ritual adat ini dihadiri oleh masyarakat desa ratem dan masyarakatpun ikut melakukan ritual Dabus (Taji Besi) tersebut.

“selain masyarakat, Camat Jalsel Fahm Hi. Anhar juga mengikuti ritual dabus tersebut, Pa Camat Juga melakukan taji besi”

Untuk memutuskan mata rantai Covid-19 , pihaknya akan serius menanganinya. Semoga dengan ritual adat dabus (taji bessi) dan doa tolak bala ini dapat dikabulkan oleh Allah Swt, sehingga masyarakat dan desa selalu terlindung dan terhindar dari Virus Corona.

“kami berharap agar masyarakat selalu mematuhi aturan himbauan oleh pemerintah”harap yunus

Penulis: Alan
Editor: Sahlan K

Baca Juga