Cegah COVID-19: Ridwan, Tim Satgus Harus Libatkan BPBD

Ketua GP Ansor Kab.Halmahera Barat Ridwan Umar

Jailolo. Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Halmahera Barat meminta pembentukan Satuan Gugus (Satgus) penangangan dan pencegahan COVID-19 atau Virus Corona Halmahera barat perlu dievaluasi, Pasalnya sampai saat ini tidak efektif penanganan penyebaran wabah virus Corona di halbar.

Ketua GP Ansor Halbar, Ridwan Umar Kepada Wartawan Melalui Pesan Whatsapp Rabu, (25/3), Sangat merasa bingung degan Pembentukan dari tim Satgus. Dari amatan dilaoangan Badan Penanggulangan Bencana Daeraha (BPBD) tidak ada pergerakan sampai saat ini.

"Apakah dalam pembentukan Satgus, hanya diberikan kewenangan full kepada dinas kesehatan, ataukah sudah ada pembagian tugas masing-masing. Dan semestinya Ketua Satgus penanggulangan Bencana non alam Covid 19 harus diketuai oleh Kepala BPBD. Bukan semua pekerjaan diambil alih oleh kadis kesehatan, Katanya

Ia menambahkan harus ada pembagin tugas yang diketahui oleh masyarakat. Misalnya dalam pembentukan Satgus, siapa saja yang Ditugaskan dan langkah apa yang diambil oleh tim Satgus. Seperti langhkah promotif preventif yang fokusnya ke peningkatan pencegahan.

"langkah tracing yang fokusnya menelusuri orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona. Atau orang yg baru saja pulang dari daerah tempat penularan virus Corona. Serta langkah kuratif yang fokusnya pada pertolongan dan penyembuhan.Jelasnya

Ridwan berharap masyarakat tetap bersatu melawan wabah virus Corona dan tetap mematuhi aturan yang sudah disampaikan pemerintah.

"Kami minta Tim Satgus segara menyemprot Desinfektan di seluruh tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya, orang yang baru pulang dari luar daerah terinfeksi virus Corona dan masuk Ke Halmahera barat melalui jalur laut dan darat juga wajib diperiksa dan di isolasi"harap Ridwan

Tolong kadis kesehatan jangan anggap remeh masalah Virus Corona, Karna publik sampai saat ini mengharapkan informasi dari tim Sargus yang telah dibentuk oleh pemerintah daerah.

"Kalaupun Perlengkapan medis belum memadai. Setidaknya harus terbuka pada publik. Melalui media (jurnalis), biar publik juga mendapat informasi.
Kadis kesehatan terkesan sangat menutupi informasi penanganan wabah virus Corona di Halmahera barat"Jelasnya

Padahal sudah jelas perintah presiden Yang memerintahkan pemerintah daerah membentuk tim Sargus untuk melakukan langkah cepat dan terkoordinasi untuk mengatasi pandemik COVID-19 dan terus memberikan informasi menyenangkan kepada masyarakat. Tutup Ridwan

Terpisah, Juru Bicara Tim Satgus Covid-19 Halbar Rosfintje Kalengit Saat dihubungi melalui via telepon namun tidak menjawab.

Penulis: Alan/red
Editor: Sahlan K

Baca Juga