Beredar Isu, Pasar Ditutup adalah Hoax

Lensapost.id
Lensa Post Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate Hasyim Yusup (Foto. Mud)

TERNATE – Informasi terkait penutupan Pasar di Kota Ternate ditutup untuk pencegahan virus corona isu ini beredar di media sosial (Facebook) sehingga membuat warga Ternate merasa resah, atas hal ini mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisprindag) Kota Ternate Hasyim Yusup

"Adanya kabar penutupan pasar di Ternate yang beredar di medsos Facebook itu tidak benar, dan itu adalah hoax,"ungkap Hasyim.

Sejauh ini katanya belum ada perintah dari Walikota untuk menutup aktivitas sejumlah pasar yang tersebar di Kota Ternate.

“Aktivitas pasar tetap berjalan seperti biasanya, tidak ada perintah untuk menutup pasar, jadi informasi yang beredar terkait penutupan pasar itu adalah hoax alias tidak benar, jadi mungkin itu orang-orang yang tidak ada kerjaan sehingga buat isu sabarang yang membuat masyarakat resah,” kata Hasyim saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, untuk pencegahan virus corona atau Covid-19, yang ada hanya penyemprotan desinfektan di pasar-pasar menggunakan Mobil Tangki Pemadam, sehingga masyarakat tidak terlalu khawatir dengan penyebaran virus corona.

Bukti Isu penyebar Hoax di Media Sosial dengan Facebook FitRy MH

Selain itu, di lakukan sosialisasi kepada para pedagang dan pembeli yang datang di Pasar untuk selalu menjaga kebersihan dalam rangka bersama sama mencegah penyebaran virus corona.

“Saya sudah perintahkan ke pedagang untuk menjaga kebersihan di lingkungan pasar masing-masing, saya juga tegaskan apabila ada kotoran kotoran bisa isi di dalam tas dan buang ditempat sampah jangan sampai ada virus virus melekat,” ujarnya.

“Perlu di tegaskan lagi bahwa seluruh pasar yang tersebar di kota Ternate tetap berakivtas seperti biasa,"tandas Hasyim.

Kadisperindag Hasyim Yusup juga menghimbau, agar seluruh masyarakat Kota Ternate jangan terlalu mendengar informasi yang tidak benar, apabila ada informasi yang belum ada sumber jelas, di harapkan agar langsung tanyakan ke pemerintah, karena saat ini pemerintah juga sediakan posko darurat virus corona di pos-pos.

“Jelasnya untuk edaran dari Wali Kota belum ada, dan di pastikan tidak ada penutupan pasar. Sebab pasar adalah aktivitas ekonomi kota. Jadi kita tutup berpengaruh semua,”jelas Hasyim. (red)

Penulis: Riko
Editor: Mahmud Tanggule
Photographer: M.Rafa Azka Putra
Sumber: www.lensapost.id

Baca Juga