Morotai Bakal Masuk “10 Bali Baru”, Pengembangan Pariwisata

Daruba. Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai terus menjalin sinergi lintas sekto, baik dengan Pemerintah (Pusat/Daerah) maupun dengan privat sector untuk meningkatkan atraksi pariwisata, akses, dan amenitas.

Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, bertekat mengejewantahkan misi  pembangunan “sepuluh Bali baru” di Indonesia lewat pengembangan pariwisata Morotai. Istilah 10 bali baru merupakan kebijakan Pemerintah Pusat, sebagai brand dari 10 destinasi prioritas yaitu: Danau Toba; Tanjung Kelayang; Tanjung Lesung; Pulau Seribu; Candi Borobudur; Mandalika; Wakatobi; Labuan Bajo; dan Morotai, hal ini disampaikan oleh kepala bapeda pulau morotai, Dr. Ir. Hi. Abjan Sofyan, M.Tec, melalui pesan WhastAppnya, jumat 6/3/2020.

Menurutnya, Morotai juga sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) selalu dalam perhatian Pemerintah Pusat. Pada Kamis, 5/3/20, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menerima Bupati Pulau Morotai di ruang kerjanya. Kedua pejabat ini membahas pengembangan “10 bali baru”, katanya.

Lanjut mantan Sekkab Halbar , Pertemuan antara bupati morotai, Benny Laos dan Wishnutama menghasilkan output berupa Kesediaan Menparekraf untuk membantu percepatan konektifitas Internasional ke Morotai serta Pembangunan dan pengembangan infrastruktur pariwisata. Disamping itu, Menpar juga akan mengirim investor perhotelan untuk berinvestasi di Morotai, ucapnya.

"Bapak Menteri yang terkenal lewat karya kreatif pada Opening Ceremony Asian Games itu juga menyatakan akan menghadiri perayaan puncak acara Festival Morotai pada 11/7/20 mendatang. Dan yang paling menguntungkan dari pertemuan Bupati Benny Laos dan Wishnutama adalah bahwa Kemenpar akan mempercepat regulasi penetapan Morotai sebagai destinasi wisata “Super Prioritas” Nasional pada 2021.

Masih abjan, Setelah penetapan Morotai sebagai destinasi super prioritas, maka perhatian Pemerintah Pusat akan lebih fokus terhadap pembangunan Pariwisata dibanding daerah-daerah lain yang diprioritaskan. Dengan demikian, industri pariwisata  Morotai semakin memberi dampak pada masyarakat, tandasnya. (Red,)

Penulis: Mohtar
Editor: Sahlan K

Baca Juga