Pasutri Hilang di Hutan Ternate Berhasil Ditemukan Tim SAR Dalam Kondisi Selamat

Lensapost.id
Lensapst.id Tim SAR saat Evakuasi Korban Pasutri Yang hilang di Hutan Kota Ternate saat berangkat ke Kebun (Foto : Humas Basarnas)

TERNATE – Upaya pencarian selama 3 (tiga) hari terhadap pasangan suami istri (pasutri) yang di kabarkan hilang di Hutan Ternate saat pergi ke kebun tepatnya di belakang Kelurahan Tabona Kecamatan Ternate Selatan, sejak Selasa (28/1/2020) lalu, tim gabungan Search and Rescue (SAR) Ternate akhirnya menemukan keduanya dalam keadaan selamat.

Pasutri yang diketahui bernama, Aris Adipati (72) dan Noncp Kalangi (66) berdomisili di Kelurahan Kayu Merah itu merupakan warga asal Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah menuturkan, pihaknya menerema informasi dari masyarakat atas kejadian yang membahayakan manusia bahwa dua orang (Pasutri) belum kembali kerumah setelah keduanya berangkat ke Kebun.

Atas informasi itu, tim SAR langsung menuju lokasi berdasarkan laporan awal yang diterima. "Upaya pencarian lamgsung di lakukan hingga memperluas area pencarian di sekitar lokasi penemuan barang milik korban dan di sepanjang kali Tongole," kata Arafah.

Dalam upayan pencarian ini, tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 SRU, dimana SRU 1 melaksanakan penyisiran dengan radius 2 KM arah selatan dari lokasi penemuan barang milik korban, selanjutnya SRU 2 melaksanakan penyisiran dengan radius 2 KM bagian Selatan dari lokasi penemuan barang milik korban dan sepanjang kali Tongole sampai ke perkampungan," jelas Arafah.

Memasuki hari ke tiga Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 13.10 WIT tim SAR gabungan berhasil menemukan korban pada koordinat 0,28 Km dari lokasi penemuan barang milik korban.

"Kedua pasangan suami istri ini di temukan dalam keadaan selamat," ujar Arafah melalui rilis Kamis (30/1/2020).

Meski kedua korban pasangan Suami Istri  ini sudah di temukan dalam keadaan selamat namun keduanya dalam kondisi yang lemas, sehingga tim SAR gabungan langsung mengevakuasi ke RSUD Chasan Boesorie Ternate untuk mendapat perawatan.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafa mengatakan, "Dengan ditemukannya dua orang korban pasangan Suami Istri ini, maka operasi SAR akan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke Satuan masing-masing, dengan ucapan terima kasih," ucapnya.

Sebelumnya informasi yang beredar bahwa kedua korban telah berada di kampung halamannya di Manado, Sulawesi Utara, namun setelah di kroscek informasi tersebut adalah HOAX. Kabar HOAX tersebut juga telah beredar luas hingga ke media sosial (Facebook). (Red)

UNSUR TERLIBAT :

- Tim Rescue Kansar Tte : 5 Personil - BPBD Kota Ternate : 10 Personil - Polres Ternate : 1 Personil - Babinsa : 1 Personil - PMI Kota Ternate : 12 Personil - Gabungan Mapala Tte : 7 Orang - Masyarakat Tobona : 10 Orang

Datas Korban :

1 Nama : Aris Adipati Umur : 72 Thn     JK : Lakis     Alamat :Kayu Merah- 2. Nama : Nonco Kalangi Umur : 66 Thn    JK : Perempuan     Alamat : Kayu Merah.

Penulis: Humas Basarnas
Editor: M.Tanggule
Photographer: Humas Basarnas

Baca Juga