Alasan Berobat Napi Hirup Udara Bebas

Napi Kasus Korupsi, Beraktifitas di Lokasi Proyek Milik Pemkot Ternate

Lensapost.id
Lensapost.id Napi Kasus Korupsi Mansur Umahuk, saat membahas dokumen proyek bersama sala satu Pegawai Dinas Parawisata di Lokasi Proyek (Foto : Istimewa)

TERNATE - Seorang Nara Pidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jambula Kota Ternate kembali di soroti lantaran Napi tersebut terlihat beraktifitas di salah satu proyek milik Dinas Parawisata Kota Ternate

Diketahui Napi Tersebut Bernama Mansur Umahuk warga Desa Mangon Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula yang di dakwa pada tanggal 20 Mei 2014 atas kasus korupsi Pekerjaan pembangunan pagar keliling, pintu gerbang dan taman bandara emalamo sanana senilai Rp. 2.309.500.000 dan telah di putuskan pengadilan Negeri (PN) Ternate Nomor 01/Pid.TIPIKOR/2014/PN Tte Tahun 2014 dengan pidana selama Delapan Tahun penjara dan denda senilai Rp, 200.000.000.

Tepatnya Selasa, 05 Nivember 2019 sekitar pukul 13.40 Wit, Mansur Umahuk terlihat Beraktifitas di salah satu proyek milik Dinas Parawisata Kota Ternate dengan Nama Paket : Perlengkapan (Kebutuhan TIC) Pembuatan Taman TIC dengan sumber dana DAK Tahun Anggaran 2019 yang di kerjakan CV Negeri Seribu Pulau, tepatnya pantai falajawa Kecamatan Ternate Tengah

Sementara Kepala Lapas Kelas IIA Jambula Ternate Muji Widodo ketika di mintai keterang Via WhatsApp dirinya menjelaskan Pada hari Senin tanggal 4 Nov 2019 napi nama Mansur Umahuk ke luar Lapas untuk berobat di RSUD karena gula darahnya naik dan nafasnya sesak dengan pengawalan sdr  Aziz.

Namun kata Muji, yang bersangkutan tidak bisa kembali karena harus opname yang dan memilih untuk tinggal di kamar Pav 4 dengan biaya sendiri dan pada Selasa, Plh Kalapas perintahkan Kasubsie perawatan saudara Kasman, untuk kontrol keadaan napi yang opname di pav 4 RSUD Ternate tersebut.

"Setelah dikontrol, napi boleh di bawa pulang setelah dilunasi pembayarannya, namun disitu tidak ada keluarganya untuk disuruh bayar biaya Rumah Sakit, selanjutnya Mansur mengajak ke luar untuk minta biaya rumah sakit ke tempat kerja istrinya yang tidak jauh dari RSUD,"jelas Muji.

Lanjut Muji, sebelum ke lokasi proyek mampir makan siang  dulu di Rumah makan Padang Residence yang ada di seberang jalan proyek istrinya yang baru berjalan akhir Oktober atau awal November kemarin.

"Setelah makan mereka ke tempat kerja istrinya, maksudnya untuk menyuruh Istrinya menyelesaikan pembayaran, namun dia diminta istrinya untuk melihat lihat pekerjaannya, bukan sebagai pengawas proyek setelah itu dia kembali ke Rumah Sakit selesaikan pembayaran dan kembali ke Lapas bersama petugas,"tangkis Muji.

Sementara amatan media ini saat di lokasi proyek yang menurut Muji Widodo adalah proyek milik Istrinya Mansur, terlihat Mansur Bersama seorang pegawai membahas sebuah dokumen di lokasi Proyek, dan terlihat jelas Mansur menggunakan masker untuk menutupi wajahnya. (red)

Penulis: M. Saifudin
Editor: M.Tanggule

Baca Juga