Sekilas Info

Dorong Jokowi Terbitkan Perppu KPK, Mahasiswa Makassar  Bakal Turun Jalan Besok

Lensapost.id
Lensapost.id Ilustrasi aksi demo mahasiswa di Makassar (Foto : Istimewa)

MAKASSAR - Mahasiswa di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal kembali turun ke jalan besok. Mereka mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Perppu KPK.

"Besok kami akan unjuk rasa lagi. Mendorong Presiden Jokowi segera menerbitkan Perppu KPK adalah isu utamanya," ujar Presma UIN Alauddin, Makassar, Junaedi, Minggu (27/10/2019).

Junaedi menjelaskan pemerintah tidak punya alasan lagi untuk tidak menerbitkan Perppu KPK. Masyarakat dianggap cenderung percaya UU KPK yang baru melemahkan legitimasi KPK dalam penyelidikan dan penyidikan kasus korupsi.

"Kami pikir Presiden saat ini tidak ada beban lagi untuk terbitkan Perppu. Pelantikan kemarin juga sudah dilakukan. Jadi sudah saatnya mendengarkan tuntutan kami," sebut Junaedi.

Aksi mendorong penerbitan Perppu KPK juga bakal disuarakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Rakyat Melawan Oligarki.

"Sebenarnya kami membawa tuntutan kemarin sebagai isu utama yang belum diakomodasi Pemerintah, seperti Perppu KPK yang didorong, menolak RUU tidak prorakyat, kemudian revisi UU Pemilu, tolak perampasan ruang hidup di Sulsel," ucap Rina selaku juru bicara aliansi.

"Perlu kami tambahkan, semua kampus di Makassar ada perwakilannya ke dalam aliansi kami," sambungnya.

Informasi yang diperoleh lensapost.id, mengutip detikcom edisi Minggu (27/10/2019) aksi mahasiswa besok bakal dipusatkan di area flyover hingga depan kantor DPRD Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar. (dtc)

Penulis:
Editor: M.Tanggule
Sumber: Detiknews

Baca Juga