Sekilas Info

Jadi Tuan Rumah, Bupati Halsel Bahrain Kasuba Resmi Buka HKG PKK KKBPK ke-47

lensapost.id
Lensapost.id Bupati Halsel Bahrain Kasuba bersama Wakil Bupati Iswan Hasjim serta tim penggerak PKK Provinsi dan Forkopinda saat pembukaan HKG-PKK-KKBPK ke-47 tingkat Provinsi di Kbupaten Halmahera Selatan (Foto : Istimewa)

LABUHA – Dalam rangka memeriahkan hari kesatuan gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 dibuka dengan resmi oleh Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba bertempat di kawasan wisata Monumen Saruma (Monas) yang berdekatan dengan Gelora Bahrain Kasuba (GBK) tepatnya di Desa Tuokona, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara rabu (23/10/2019).

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro PKKP Muliadi Tutupoho, Kadis BPMD Syamsudin Banyo, Kadis PPPA Musyrifah Alhadar  Kadis Kesehatan Idhar Sidi Umar, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, Ketua Tim Penggerak PKK Halsel Hj. Nurlela Muhammad Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe, Ketua GOW Lenny Amalia, Ketua dan Anggota DPRD Halsel, Forkopimda, serta Perwakilan Kesultanan Bacan.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya menyampaikan, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Halsel bersama Masyarakat mengucapkan, selamat datang kepada seluruh peserta dan selamat hari kesatu PKK KKBPK ke 47 tingkat provinsi Maluku utara di Bumi Saruma semoga PKK di daerah ini dapat menjadi barometer standar organisasi PKK yang professional dan mandiri.

Halmahera selatan adalah kabupaten terluas di Provinsi Maluku utara, kurang lebih sepertiga wilyah  Provinsi Maluku utara adalah wilayah Halmahera selatan. Kami memiliki 249 Desa, 30 kecamatan dan 402 pulau. Dari 249 desa yang kami memiliki hanylah yang tercatat 12 desa non pesisir serta yang selebihnya adalah meruapkan desa pesisir . kami juga memiliki sumber daya alam yang besar diantaranya sector pertanian, perikanan, perkebunan dan pertambangan.

Ia menuturkan. HKG-PKK-KKBPK tingkat Provinsi 2019 ini, selaku tuan rumah kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta. Karena telah berbagai kegiatan yang kami lakukan untuk  menyambut para peserta dari setiap kabupaten dan kota di Maluku Utara baik persiapan infrastruktur yang menjadi kebutuhan peserta selama pelaksanaan HKG PKK belangsung, sebagaimana yang di saksikan saat ini.

Kami telah membangun miniature Jakarta yakni sebuah monumen monas atau saruma, kami juga membangun, miniature Istana Negara, gedung DPR MPR, tugu proklamasi, bundaaran HI, masjid istiqlal, dan gereja kateqgral, tembok cina, menara evile, paramida mesir, patung speen, untuk menambah keindahan meniatur Jakarta ini kami juga menata taman Bungan lavender taman bunga anggrek taman Bungan bugenfil dan taman Bunga lainnya.

“Semua ini kami mempersebahkan untuk kesan yang berbeda bagi seluruh insan PKK di Maluku utara. Selain itu pembangunan Miniature ini juga di persembahkan untuk masyarakat Maluku utara dan bagi setiap orang yang kebutulan belum pernah menginjak kaki di Jakarta yakni Ibu kota Negara,”jelas Bupati Bahrain dalam sambutanya.

Lensapost.id
Gubernur Malut KH. Ust Gani Kasuba Lcberdampingan dengan Bupati Halsel H.Bahrain Kasuba bersama Forkopinda dan  saat hadir pada HKG-PKK-KKBPK ke-47 di Istana Daerah Halmahera Selatan (Foto : Istimewa)

Miniature Jakarta ini kata Bupati, menjadi  icon Daerah dengan suasana keindonesiaan kita walaupun kita berada jauh dari Ibu kota Negara namun semangat kita satu nusa satu bahasa dan satu bangsa  dengan harapan akan terpatri dalam sanubari kita.

Selai itu dalam pembukaan ini, ada sport toring dan sofing dengan konsep pembangunan Miniature Jakarta. Ini juga akan di bangun pusat perbelanjaan terintegrasi dengan sphothol atau pusat olahraga masyarakat dalam kawasan ini sementara di bangun sebuah mall, Pasar Higeinis , Terminal, rumah Ibadah dan GBK.

Dalam sambutanya Bahrain juga menjelaskan, semua ini merupakan program kami untuk menata Kabupaten Halmahera Selatan secara bertahap. Pada bagian lain kami juga membangun jalan pantai dengan dua jalur dari Desa Panamboang-Desa Tuwokona dan untuk membangun sebuah kebersamaan dengan membangun taman Budaya Saruma yang terdiri dari 18 etnis yang mendiami Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara ketua Tim penggerak PKK Hj. Faoniah Djauhar menyampaikan bahwa acara HGK PKK ini jangan hanya sekedar seremonial saja tetapi juga harus membuktikan bahwa sebagai seorang wanita juga bisa mengambil bagian untuk Maluku Utara lebih baik.

"Saya berharap peringatan HKG PKK ini tidak hanya sekedar untuk meramaikan atau memeriahkan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini," ucapnya.

Selain itu Hj. Faoniah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim penggerak PKK Kabupaten/Kota dan para kadernya yang telah bersusah payah bekerja.

"Demi meningkatkan kualitas bangsa melalui upaya-upaya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga, saya berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tim penggerak PKK atas kinerja yang baik terutama kepada Bupati Halsel selaku Ketua Pembina PKK Halsel yang telah menjadi tuan rumah dan telah mempersiapkan semuanya hingga terselenggaranya kegiatan ini,"ungkap Hj Faoniah.

Melalui kegiatan ini marilah kita mengintropeksi diri dan mengevaluasi apa saja yang telah di lakukan oleh PKK selama tahun  ini yang kemudian keberhasil dan apa yang telah dicapai dalam masalah serta dalam mencari solusi sehingga selanjutnya menjadi tongkat agar bisa lebih baik lagi pada tahun berikutnya.

“Saya berharap kepada Bupati, Walikota dan Gubernur  selaku pembina dengan permohonan dalam memberikan bimbingan dan dukungan dan fasilitas, sehingga PKK dapat memberikan andil dan turut serta meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik lagi,”katanya

Selaku ketua tim pengerak PKK Provinsi Maluju Utara Hj Faoniah mengucapkan terimakasi dan  penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK di Kabupaten/Kota yang telah bersusah paya dalam bekerja demi meningkatka  kualitas bangsa dengan upaya dalam mensejahterkan keluarga. (red)

Penulis: Mahmud
Editor: M.Tanggule
Photographer: Mahmud

Baca Juga