Sekilas Info

Kades Papaloang Terancam Masuk Bui

Lensapost.id
Lensapost.id Kepala Desa Papaloang, Safri Abdullah (Foto : Istimewa)

LABUHA - Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan full konsentrasi menyelesaikan seluruh laporan hasil audit DD/ADD 150 desa untuk tahun anggaran 2018.

Kepala Inspektorat, Slamet Ak, saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019) menyampaikan seluruh desa sudah diaudit dan saat ini sebanyak 70 laporan telah tercatat dalam buku laporan, " tersisa 80 laporan yang masih ada di masing-masing irban, " tuturnya.

Slamet juga mengatakan, dari 70 laporan hasil audit tersebut ada enam desa yang sudah di kordinasikan ke Polres guna mengambil data-datanya.

Ke empat desa itu, lanjut Slamet merupakan kategori temuan terberat salah satunya desa Papaloang Kecamatan Bacan Selatan yang memiliki angka temuan mencapai ratusan juta rupiah.

Dia menambahkan, " desa papaloang telah ditingkatkan statusnya dari pemeriksaan biasa ke audit investigasi, " terangnya.

Lensapost.id
Surat Panggilan Polres Ke Kepala Desa Papaloang. (Foto : ILO/Lensa Post )

Selain itu, Slamet mengatakan laporan ke bupati untuk menindaklanjuti ke tahap audit investigasi telah disiapkan.

Menanggapai pernyataan Kepala Inspektorat,  Sekdes bersama Ketua BPD desa Papaloang Samrin Larihu dan La Ode Surdin menyampaikan tanggal 21 Agustus 2018 lalu, tim audit inspektorat telah melakukan Road Show ke desa Papaloang untuk mengaudit ADD/DD tahun 2018.

Tim auditor saat dilapangan hanya menemukan kegiatan fisik seperti pembangunan dapur PAUD dan pengadaan lampu tenaga surya sebanyak 20 buah, " jelas Samrin dan La Ode saat ditemui, Kamis (10/10/2019).

Samrin kepada Lensapost.id mengatakan besok (Jum'at) dini hari, sesuai dengan LP Nomor : B/86/X/2019/SPKT yang dikeluarkan langsung oleh Bripka Ahmad Fajar, Kepala Desa Papaloang Safri Abdullah akan dimintai klarifikasi oleh Polres terkait tunggakan hak-hak pemerintah desa dan BPD selama 2017, 2018 dan 2019.

"Selain itu seluruh kaur yang ada di desa Papaloang bersama BPD juga diminta polres untuk hadir, " akhirnya. (Ilo)

Baca Juga