Uji Kelayakan dan Kepatutan

Paparan Visi Misi Balon Wali Kota, Abdullah Tahir Jadi Sorotan Panelis Fit And Proper Test

Bakal Calon Wali KOta Ternate H.Abdullah Tahir saat menyampaikan Visi Misi (Foto : Wahyudi)

TERNATE - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kota Ternate menggelar Fit and proper test Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate periode 2020-2025. Agenda uji kelayakan dan kepatutan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota ini berlangsung sejak 28-29 September 2019 di Ball room Boulevar Hotel Ternate di pandu langsung oleh DR. Karman Lanani, S.Pd, M.Pd selaku panelis.

Calon Walikota Ternate yang juga Wakil Wali Kota aktif H. Abdullah Tahir, SH mendapat giliran Fit and proper test pada Minggu (29/9/2019) pukul 14.00 Wit.

Dalam Fit and proper test calon Wali Kota Ternate Abdullah Tahir memaparkan visi misi berlandaskan filosofi Adat Se-Atorang, dengan mengedepankan pemerintahan religius, berbudaya dengan mengusung Slogan Ternate Pelangi “Ternate Untuk Semua”

Disamping itu, balon Wali Kota Abdullah Tahir juga mengemukakan sejumlah program pembangunan berkelanjutan antar wilayah diantaranya, infrastruktur dasar, jalan jembatan, air bersih, maupun fasilitas ekonomi, pendidikan dan kesehatan di Kecamatan Pulau Ternate, Hiri, Moti dan Batang Dua, sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Selaku panelis DR. Karman Lanani, S.Pd, M.Pd menyatakan, kurang lebih 10 balon yang di lakukan fit and proper test, semuanya punya karakter masing-masing dan kompetensi yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Meski visi misi dan program yang sama, program beririsan, katanya, tapi prinsipnya semuanya berpikir positif membangun Kota Ternate menjadi Ternate yang mandiri, berahlak dan sejahtera, sehingga dari sejumlah kandidat yang telah mengikuti Fit and proper test, menurutnya layak menjadi pemimipin dalam membangun pemerintahan yang lebih baik. Lebih lanjut ia menegaskan, menyangkut kriteia itu urusan partai.

“Saya selaku panelis melihat dari sisi kompetensi, komitmen, kesesuaian konsep dengan kondisi kota Ternate,” ujar DR. Karman Lanani, S.Pd, M.Pd kepada lensapost.id minggu (29/9/2019) Ball room Boulevar Hotel Ternate.

Menurut DR. Karman Lanani, ada poin-poin penting yang menarik yang disampaikan Balon Wali Kota bapak Abdullah Tahir, yang saya soroti misalnya tentang optimalisasi sumber daya aparatur sipil, pemerintahan yang bisa menggenjot potensi pendapatan asli daerah (PAD), “ini menarik”, karena kalau sumber daya aparatur sipil punya kualitas SDM yang mumpuni tentunya dia akan kreatif, dia akan mempunyai kemampuan melakukakan inovasi, efisiensi kerja, dan efektifitas dari program-program yang bisa di canangkan di setiap instansi.

“Mulai dari kepala Dinas sampai tatausaha dibawahnya. Kalau punya kompetensi yang mumpuni melayani masyarakat secara prima, saya yakin ini akan memberikan nuansa baru bagi pelayanan publik, itu satu keunikan tersendiri dari apa di sampaikan bapak Abdullah Tahir,” imbuhnya.

Disamping itu menurutnya, para kandidat yang lain juga punya ciri-ciri tersendiri, misalnya pak Sidik, Taufik Soleman, Fahri, Muhdi, Ruslan bian dan lainnya.

“Tapi prinsipnya, kalau mereka ini jadi Kepala Dinas semua, tarulah dari berapa belas orang tadi di iklaskan satu jadi Wali Kota, satu jadi Wakil, dan yang lain jadi Kepala Dinas saja, dan mau merealisasikan apa yang di programkan, saya yakin jadi bagus Ternate kedepan,” tandas Dr. Karman Lanani.

Lebih lanjut dia berpendapat, bahwa unsur yang bagus itu menempatkan orang sesuai dengan kompetensi, sesuai dengan keahlian dan itu sejalan dengan kesuksesan yang di nginkan.

“Karena sesuatu kalau diberikan bukan pada ahlinya maka yang dilakukan itu banyak ragu-ragu, banyak salah didalam melaksankan kebijakan melakukan langkah kegiatan yang mau dilakukan,” paparnya.

Sementara, Balon Walikota Ternate Abdullah Tahir mengatakan, jika diberi amanah oleh masyarakat Ternate untuk memimpin Ternate periode mendatang, pihaknya bertekad melanjutkan berbagai program pembangunan yang belum sempat di realisasikan Pemkot Ternate.

“Insyaallah, jika saya diberikan amanah untuk menjadi Wali Kota Ternate, maka saya akan melanjutkan program pembangunan berkelanjutan yang belum sempat di laksanakan,” pungkas Abdullah Tahir usai Fit and proper test. (m/red)

Penulis: Mahmud
Editor: Redaksi Lensapost.id

Baca Juga