Korem 152/Babullah Bersama Pemkot Ternate  Kembali Gelar Open Tournament Triathlon 2019

Foto : Penrem 152 Babullah Ternate

TERNATE - Korem 152/Babullah Ternate bekerja sama dengan  Pemerintah Kota Ternate (Pemkot) melalui Dinas Pariwisata Ternate, kembali gelar “Open Tournament Triatlhon” Sabtu (28/9/2019).

Dalam amanatnya. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Tni Marga Taufiq menjelaskan, Lomba Triathlon dalam bahasa Indonesia diartikan dengan olahraga Trilomba. Cabang olahraga trilomba ini pertama kali diperkenalkan pada dunia oleh Scott Tinley pada kejuaraan pertamanya di perancis pada tahun 1920-1930. Sedangkan di Asia, Triathlon baru pertama kali mulai di perlombakan pada tahun 2006, tepatnya di Asian Games Doha-Qatar.

Pangdam XVI/Patimura, Mayjen TNI Marga Taufiq juga menyampaikan bahwa, Olah raga triathlon di Maluku dan Maluku Utara saat ini sudah mulai dikenal luas, mengingat kegiatan Triathlon sendiri khususnya di wilayah Maluku Utara sudah 2 kali dilaksanakan yaitu pada 16 Februari 2019 lalu dan 28 September 2019 tepatnya saat ini.

“Saya bangga, kepada Komandan Korem 152/Babullah Kolonel Infanteri Endro Satoto, S.I.P,. M.M. selaku Ketua Federasi Triathlon Indonesia Provinsi Maluku Utara masa bhakti 2019-2023, dapat memasyarakatkan olahraga triathlon sekaligus menjaring bibit-bibit atlet triathlon Putra/putri Maluku Utara yang siap mengharumkan nama daerah pada ajang Nasional bahkan Internasional, serta ajang Triathlon agar dapat masuk dalam mata perlombaan Pekan Olahraga Nasional (PON)”cetus  Pangdam

Dalam perlombaa Ternate Open Tournament Triathlon 2019, kata Pangdam, ada 5 kategori yang dilombakan diantaranya, kategori Olympic Distance dengan jumlah peserta yang telah teregristrasi sebanyak 19 orang, kategori Sprint Distance sebanyak 19 orang, kategori TNI/Polri Rally sebanyak 51 tim, kategori Yunior U-14 dan U-16 serta Sprint Umum Rally sebanyak 20 Tim.

"Lomba ini, jarak terjauh renang sejauh 1.500 meter, sepeda 40 km dan lari sejauh 10 km. Rute yang ditempuh khususnya bersepeda akan mengelilingi pulau Ternate,"katanya.

Diketahui turut dihadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Marga Taufik, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Sekjen FTI Brigjen TNI Erwin Septiansah, Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto, S.l.P,. M.M., Danlanud Morotai Kolonel Piek Budyakto, Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Akbar Abriari, Perwakilan Kemenpora, Isa Anshari, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Ketua KONI Prov. Malut H. Djafar Umar, Ketua DPRD Kota Ternate Muhajir Bailusy, para Dandim jajaran Korem 152/Bbl, unsur Forkopimda, tamu undangan, serta para peserta open turnament Trialthon dari berbagai Provinsi dengan jumlah lebih dari 250 peserta lebih. (Penrem 152 Babullah)

Baca Juga