Uji Kompotensi Water Rescue Bagi Instansi Terkait Telah Berakhir, Ini Harapan Kepala Basarnas Ternate

Pose bersama peserta Uji Kompotensi Water Rescue dari instansi terkasit dan anggota tim Sar Basarnas Ternate (Foto : Humas Basarnas Ternate)

TERNATE – Memasuki hari ke-empat Uji Kompetensi Water Rescue bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan yang dilaksanakan Badan Sar Nasional (Basarnas), Kota Ternate  Maluku Utara telah berakhir.

“Selama empat hari pelaksanaan uji kompotensi Water Rescue, dua hari pembekalan dan dua hari Uji Kompotensi alhamdulilah dari 24 peserta yang mengikuti semua rangkaian baik itu ujian teori, ujian praktek dan aplikasi teknik pertolongan di air baik di kolam dan di perairan, telah sukses dilaksanakan,”ujar Badan Sar Nasional (Basarnas), Kota Ternate Muhammad Arafah kepada lensapost.id saat ditemui di Kantaor Basarnas Ternate kamis (26/9/2019).

Muhammad Arafah menuturkan, Setelah hasil ujian kompotensi Water Rescue praktek dan aplikasi dilapangan ini nanti direkap oleh tim penguji dan sebelum satu bulan akan diumumkan hasilnya.

“Hasil kegfiatan ini akan dilaporkan kepada Direktur Potensi yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan sertifikasi dengan hasil yang dilaporkan oleh tim asesor dan instruktur dari Kantor Sar Ternate dan asesor dari Manado berserta dengan dorektorat Bina Potensi,”jelas M. Arafah.

Apel penutupan Uji Kompotensi Water Rescue (Foto : Humas Basarnas Ternate)

Menurutnya, sertifikat Uji Kompotensi Water Rescue ini merupakan sertifikat potensi yang level tertinggi, sehingg kami berharap bukan cuma hanya mendapatkan sertifkat dan ilmu yang telah didapat.

“Semoga bias di aplikasikan kepada masyarkat apa bila suatu saat terjadi kecelakaan bias memberikan pertolongan kepada masyarkat yang mengalami kecelkaan terutama di perairan,”pesan M.Arafah.

M.Arafah juga berharap dari 24 perta berbagai instansi yang sudah mengikuti Uji Kompotensi  Water Rescue itu agar selalu menjaga silahturahmi meraka dan selalu membangun komunikasi dengan Basanas Ternate

“Jangan sampai disini saja, tetapi selalu berkomunikasi dan terus jalin silaturahmi dengan Basarnas Ternate untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan dan melaksakan tugas apa bila terjadi kecelakaan dilaut agar selalu bekerjasama dalam tugas kemanusian,”harap M.Arafah. (m/red)

Penulis: Mahmud
Editor: Redaksi Lensapost.id
Photographer: Humas Basarnas Ternate

Baca Juga