MSA Resmi Mendaftar Ke PDI-P, Ini Biografi Singkatnya

Pengembalian Berkas Oleh Tim Pemenangan MSA, Jum'at (13/9/2019). [ Foto : Iel/Lensa Post ]

LABUHA - Jargon MSA For Halsel Bangkit.! kini tidak asing lagi ditelinga kalangan masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mulai dari pusat Kota, masyarakat pesisir hingga pelosok desa.

Kali ini Muchsin Saleh Abubakar alias MSA melalui tim pemenangnya menyambangi markas moncong putih untuk mengembalikan berkas pendaftaran Calon Bupati ke Tim penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Alhamdulillah tepat pukul 16.00 Wit, kami selaku tim pemenangan MSA secara resmi mengembalikan berkas pendaftaran ke Partai PDIP,” ucap Nasarudin, Jum’at (13/09/2019).

Selanjutnya, Nas sapaan akrabnya menuturkan bahwa seluruh komposisi tim pemenangan di masing-masing desa dan kecamatan telah terbentuk dan secepatnya dikukuhkan langsung oleh Calon Bupati H. Muchsin Saleh Abubakar.

Kepada media ini, Nasarudin Kausaha juga memperkenalkan sosok MSA melalui biografi singkatnya. Dia mengatakan, sosok Muchsin Saleh Abubakar atau biasa di sapa Bib Ochen merupakan salah  satu Putera terbaik Halmahera Selatan. Pria kelahiran Desa Goro-Goro Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan ini dijuluki sebagai "Sang Pengabdi," terangnya

Berbicara tentang kepedulian jangan pernah ragu dengan dirinya. Sepak terjang MSA mengangakat nama Maluku Utara tentang donasi bantuan kemanusiaan baik di Negara Palestina, Rohingya, Palu, Sigi, Donggala dan juga di Gane dan Pulau Bacan menjadi tolak ukur kepeduliannya terhadap Ummat ini.

Berbagai jabatan Keummatan beliau sandang tanpa di gaji sepersenpun adalah bukti bahwa kemanusiaan adalah segala-galanya buat MSA.

Dilihat dari segi Ekonomi, kandidat Doktor Universitas Jayabaya ini adalah Manager di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ternate. Demi kesejahteraan Masyarakat, Sosok MSA Juga punya andil besar dalam mengadakan Kapal Layanan Bank terapung daerah Halmahera Selatan.

Istri dari Musrifa Alhadar ini, sering menghabiskan momen liburannya dengan kegiatan memancing, Bulu tangkis dan permainan Golf.

Pria Kelahiran tanggal 2 Juli 1969 ini juga menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Toima, Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai dan lulus tahun1983. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Bunta dan lulus tahun 1986.

Setelah itu melanjutkan ke Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas Swasta Islam disamakan Ternate dan lulus tahun 1989.

Tanpa menunggu waktu, Ochen Sapaan akrabnya, melanjutkan Strata satu (S1) di salah satu kampus ternama Maluku Utara (UNKHAIR) dengan konsentrasi Ilmu Hukum dan lulus tahun 2001.

Selanjutnya, Strata dua (S2) di Universitas Jayabaya Pascasarjana, konsentrasi Ilmu Hukum dan Sistem Peradilan, kemudian lulus tahun 2014 dengan predikat Cumlaude.

Sosok yang ramah, bersahabat, rendah hati dan cerdas, serta berintegritas ini juga memiliki riwayat pekerjaan, diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia pada posisi Deskman tahun 1993-1995, kemudian di posisi Teller tahun 1996-1997 Bank BRI, Mantri 1998-1999 Bank BRI, KA. Yunit 1999-2010 Bank BRI, Funding Officer 2013-2018 BRI Cabang dan Manager Funding BRI tahun 2018 sampai sekarang.

Kandidat Doktor tersebut juga menyandang Jabatan Ummat sebagai Ketua Yayasan  Masjid Raya Al-Munawwar, Ketua PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Malut, Pembina KAHMI Halteng, Pembina KAHMI Malut 2015-2017, Penasehat KKIG Provinisi Maluku Utara, Dewan Penasehat Aliansi Indonesia Malut, Pendiri LSM Rembuk, Pendiri LSM Sukmah (Suku Asing Halmahera) Malut dan Ketua Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (BAKOMUBIN) Malut.

Saat ini, kata Nasarudin sudah terhitung ada beberapa komponen masyarakat yang telah menyatakan sikap mendukung MSA, “Antara lain Merpati Putih, MSA Community, GRC-MSA For Halsel, Srikandi Sarumah, Barasai, Milineal Halsel Bangkit, Garda Salawaku, KKB Bersatu dan Kobar,” akhirnya. (iel)

Penulis: Iel

Baca Juga