Bupati Halsel Tetapkan Tiga Desa Sukses Program GISA

Bupati Halsel Bahrain Kasubah (Foto Istimewa)

LABUHA - Bupati Halmahera Selatan H. Bahrain Kasuba resmi menetapkan tiga Desa di Halsel yang sukses melaksanakan program nasional, yakni Kampung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Ketiga Desa dimaksud yaitu, Desa Marabose Kecamatan Bacan, Desa Tembal Kecamatan Bacan Selatan dan Desa Pasimbaos Kecamatan Botanglomang.

Penetapan ditandai dengan launching perdana GISA, dipusatkan di Desa Marabose, Jumat (30/8/2019).

Kades Marabose Irham Hanafi mengucapkan terimakasih pada Pemkab Halsel yang telah menetapkan Marabose sebagai kampung GISA.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita harus mendukung apa yang menjadi program pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam hal tertib administrasi,” terang Irham.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Halsel Saban Ali juga mengatakan tujuan dilaksanakan GISA, dalam rangka untuk mensosialisasikan program tersebut kepada semua lapisan masyarakat, dengan harapan agar gerakan ini dapat meningkatkan perilaku atas tertibnya administrasi kependudukan (Adminduk) dilingkungan yang kecil yaitu keluarga untuk pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan oleh setiap penduduk di Kabupaten Halmahera Selatan.

Lanjut dia, terpilihnya Desa Marabose, Desa Tembal dan Desa Pasimbaos sebagai kampung GISA didasarkan pada kriteria atas pencapain kepemilikan dokumen kependudukan oleh masyarakat di tiga desa yang mencapai 85 hingga 90 persen, begitu pula kriteria atas peran pemerintah desa dalam program pengelolaan dan penataan Adminduk ditingkat Desa.

Sementara Bupati H. Bahrain Kasuba menyampaikan apresiasi kepada tiga Desa yang telah mengsukseskan program nasional kampung GISA, sebagai bukti keseriusan Pemkab dalam melayani masyarakat agar semua mempunyai administrasi kependudukan, seperti KK, e-KTP serta akta-akta lainnya.

Menurut mantan Ketua DPRD Halsel ini bahwa kepemilikan administrasi kependudukan sangat penting dikarenakan setiap warga harus tercatat dan terdata dengan rapih. Peristiwa penting yang dimaksud adalah kejadian yang dialami seseorang seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, dan lain sebagainya.

"Saya berharap seluruh Masyarakat Halmahera Selatan ditahun ini juga semuanya sudah memiliki kartu tanda penduduk atau e-KTP,” ungkap Bupati Bahrain. (red)

Penulis:

Baca Juga