Bupati Hendrata Thes Resmikan Festival Pangan Lokal

SANANA – Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes resmi membuka Festival pangan lokal yang bertajuk “Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)” yang di lakukan Dinas ketahanan pangan dan penggerak PKK. Kabupate n Kepsul Provinsi Maluku Utara (Malut) Senin (19/8/2019) yang berlangsung di Cakalele Resto.

Bupati Kepsul Hendarat Thes, dalam sambutannya mengatakan, Pangan adalah kabutuahan dasar bagi manusia yang harus di penuhi oleh Pemerintah dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan jinis pangan yang di konsumsi sehingga memenuhi standar gizi yang di anjurkan,”kata Bupati Hendrata dalam sambutanya.

Ia menuturkan, berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun tahun 2012. pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi berlansunga hidup ummat manusia, oleh sebab itu pangan di tetapkan sebagai hak asasi manusia yang di jamin oleh negara. Katanya.

Usai memberikan sambutan Bupati Hendarat Thes bersama tim PKK, di persilahkan untuk mencicipi menu ya g sudah di persiapkan peserta untuk diberi penilaian. Sementara penyediaa menu makanan yakni hasil olahan dari daerahnya masing-masing mulai dari tepung, krepek pisang dan lain-lain.

Selesai mencicipi makanan dari seluruh peserta festival pangan lokal, di lanjutkan dengan mengumumkan pemenang peserta yang sudah di cicipi Bupti dan tim PKK yakni Ketu PKK Hongfince Hongarta.

Hasil penilaian pertama diraihTim PKK Kecamatan Sulabesi Barat, disusul ke dua Tim PKK Kemcatan Mangoli Utara, ke tiga Tim PKK Kematan Sanana dan pemenang harapan satu diraih Tim PKK Kecamatan Mangoli Selatan, harapan dua Tim PKK Kecamatan Sulabesi Timur, dan harapan tiga diraih Tim PKK Kecamatan Mangoli Barat.

Usai diumumkan pemenang lomba Bupati Hendrata Thes mengatakan, ini bentuk promosi bahwa di Sula juga memilki bahan produk yang tidak kalah jau dari Derah lain, dan yang mendapat pemenang pertama akan mengikuti lomba tingkat Provinsi, tutupnya. (Mr.f)

Penulis:

Baca Juga